Petilasan Jendral Sudirman di Kota/Kabupaten Nganjuk


Kota Nganjuk memang memiliki banyak sekali wisata sejarah. Selain sejarah islami, Nganjuk juga memiliki wisata sejarah yang tidak lepas dari sejarah kemerdekaan Indonesia.Siapa yang tak kenal dengan sosok Jenderal Soedirman? Tentunya masyarakat Indonesia pasti mengenal tokoh tersebut. Beliau melakukan perang gerilya untuk menghadapi serangan sekutu. Nganjuk merupakan salah satu rute gerilya Jenderal Soedirman. Tepatnya di Desa Bajulan lah beliau melakukan taktik perang gerilya tersebut. Beliau membuat tempat untuk bersembunyi dari serangan tentara sekutu.

Letak persembunyiannya dibawah air terjun Roro Kuning. Disana terdapat tempat beribadah beliau dan kawan-kawannya, seperti tempat berwudhu di air pancuran yang bersumber dari air terjun Roro Kuning dan tempat sholat diatas batu besar. Tempat-tempat tersebut kini masih ada walaupun sudah direnovasi. Disekeliing tempat-tempat tersebut dikasih pagar agar tetap alami seperti sediakala. Selain tempat beribadah disana juga ada batu besar sebagai tempat pertemuan dan rapat Jenderal Soedirman dan kawan-kawan.


Mungkin bagi yang pertama kali berkunjung ke tempat tersebut pasti berfikir kalau itu tempat yang angker. Karena tempat tersebut banyak dikelilingi pohon-pohon besar dan suasana disekelilingnya yang masih agak sepi. Namun demikian tidak dapat mengurangi jumlah pengunjung yang ingin berkunjung ketempat wisata tersebut. Anda dapat melihat jejak-jejak sejarah Jendral soedirman dengan hanya mengeluarkan uang 5 ribu rupiah sebagai tarif masuk ke petilasan jendral Soedirman dan air terjun roro kuning.

Rute untuk menuju ke tempat ini juga sangat mudah dijangkau, karena jalannya sudah diaspal dan terdapat petunjuk arah. Jadi, bagi kalian yang ingin berkunjung kesana jangan khawatir akan tersesat. Jika anda dari surabaya, kalau sudah sampai bundaran tugu adipura anda harus belok kiri mengikuti petunjuk jalan arah ke kediri. Ikutilah jalan tersebut sampai melewati jalan A yani lurus tanpa belok. Setelah itu bertemu dengan tugu adipura yang terdapat di desa loceret anda harus belok kiri dan ikuti jalan tersebut sampai lampu merah. Dari lampu merah anda harus belok kanan. Dari situlah mulai masuk jalan pedesaan. Setelah itu, ikutilah jalan tersebut sampai melewati areal persawahan.

Tidak ada rasa bosan sedikitpun didalam perjalanan karena anda akan disuguhi pemandangan yang indah dan masih alami. Setelah anda melewati persawahan anda memasuki jalan menanjak dan menurun khas dataran tinggi nganjuk. Di dalam perjalanan anda akan merasakan suhu dingin dan angin yang berdesir kencang sebagai ciri khas kota nganjuk. Perjalanan anda kurang lebih 30 menit dari pusat kota nganjuk.




Dimonumen tersebut tidak ada fasilitas apapun, namun jangan khawatir jika Anda mau membeli makanan Anda tinggal berjalan keatas menuju air terjun roro kuning disitu banyak yang menjual makanan maupun minuman. Monumen petilasan jenderal soedirman ini sangat cocok untuk berwisata sekalian menelusuri jejak-jejak sejarah di masa dahulu kala.
Previous
Next Post »