Monumen Dr. Soetomo di Kota/ Kabupaten Nganjuk

Di Kabupaten Nganjuk banyak sekali objek-objek wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi. Tak jauh dari petilasan jendral Soedirman Anda bisa berkunjung ke Monumen Dr. Soetomo yang letaknya juga di  kecamatan Loceret tepatnya di Desa Ngepeh.Monumen ini dibangun sebagai penghormatan terhadap Dr.Soetomo sebagai pahlawan pergerakan nasional di Kabupaten Nganjuk.Monumen ini menjadi saksi sejarah tentang keberadaan Dr. Soetomo yang juga lahir di Daerah Ngepeh Kecamatan Loceret tersebut.

Monumen ini berlokasi sekitar 10 km sebelah selatan Kabupaten Nganjuk. Di monumen tersebut terdapat museum yang menyimpan  berbagai benda bersejarah yang menunjukkan bukti-bukti perjuangan Dr. Soetomo, seperti alat suntik, alat injeksi, stetoskop, alat pembuangan kemih penderita infeksi, alat pengobatan infeksi, serta meja untuk operasi lengkap dengan peralatannya di masa dahulu saat melawan penjajah.

Selain itu, di Museum tersebut juga tersimpan koleksi buku pribadi Dr. Soetomo dalam bahasa Belanda dan Jerman serta foto-foto kenangan beliau saat perjuangan berorganisasi. Namun sangat disayangkan sekali bagi Anda yang berkunjung ke monumen tersebut tidak dapat melihat secara langsung bukti-bukti peninggalan tersebut karena museum sudah tidak dibuka dan hanya bisa melihat dari celah-celah dinding museum tersebut.

Monumen DR. Soetomo sekarang ini tidak lagi terurus dan mendapat perhatian. Jadi jangan heran kalau di Monumen ini sangatlah sepi tanpa pengunjung. Namun itu tidak menghalangi niat pengunjung untuk berkunjung ke monumen tersebut. Disana terdapat balai yang luas yang bisa Anda gunakan untuk duduk santai bersama keluaga sambil menikmati pemandangan sekitar monumen.


Jika Anda berkunjung ke monumen ini anda tidak akan dipungut biaya apapun karena tidak terdapat loket karcis. Jadi, Anda bisa berkunjung kapanpun. Disitu hanya ada beberapa warung makanan hal itu dikarenakan jarangnya pengunjung ke tempat itu. Memang, letaknya agak jauh ke pemukiman penduduk tetapi, Anda jangan bingung jika mau berkunjung karena ada petunjuk arah untuk menuju ke lokasi tersebut.



Previous
Next Post »