Candi Tertua Candi Lor di Kota Kabupaten Nganjuk



Nganjuk memiliki wisata sejarah yang tak kalah menarik dengan kota-kota lain. Tempat-tempat sejarah pun masih dijaga dan dilestarikan dengan baik. Salah satunya ialah Candi Lor. Candi Lor merupakan salah satu candi di nganjuk. Candi lor disebut sebagai cikal bakal lahirnya kota nganjuk. Candi tersebut memiliki arsitektur yang masih seperti dulu kala belum direnovasi walaupun bagian candi tersebut ada yang rusak.Hal itu tidak mengurangi jumlah pengunjung yang datang ke candi tersebut.

Candi lor menjadi jejak sejarah dari prasasti anjuk ladang yang didalamnya terkandung cerita Empu Sindok. Empu Sindok sang raja mataram hindu yang membangun sebuah bangunan suci sebagai pertanda penetapan kawasan Anjuk Ladang. Didalam candi tersebut terdapat dua makam abdi dalem empu sindok yang bernama Eyang Kerto dan Eyang Kerti. Bangunan candi lor masih terbuat dari batu bata merah. Diatas candi lor ada sebuah pohon kepuh besar yang tumbuh tepat diatas candi tersebut.

Candi Lor terletak di desa Candirejo kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk. Jalan menuju candi Lor sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat nganjuk maupun dari luar daerah. Candi tersebut berada tidak jauh dari pusat kota Nganjuk. Jika anda dari Alun-alun anda tinggal lurus ke selatan mengikuti petunjuk arah ke Kediri. Setelah anda melewati stadion anjuk ladang anda akan bertemu dengan lampu merah loceret. Setelah itu anda harus belok kanan. Sekitar 500 meter ke barat anda akan menjumpai candi tersebut disebelah kiri jalan.

Disekeliling candi tidak terdapat fasilitas seperti tempat makan atau warung dan tidak ada tempat parkir, jadi anda harus membawa bekal dari rumah dan memarkir kendaraan anda di pinggir jalan raya. Tarif masuk ke candi tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Anda yang penasaran akan candi tersebut bisa berkunjung tanpa mengeluarkan biaya.


Untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga maupun sahabat, anda dapat memilih candi lor ini sebagai tujuan wisata. Selain arsitektur bangunan tersebut masih alami anda juga dapat menelusuri sejarah yang bisa untuk media pembelajaran sejarah untuk buah hati anda.
Previous
Next Post »