Candi Ngetos di Kabupaten Kota Nganjuk

Candi Ngetos merupakan salah satu candi yang ada di Kabupaten Nganjuk. Candi ini dibangun sejak abad ke 15 masehi. Candi Ngetos merupakan candi peninggalan kerajaan majapahit. Candi ini terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos , Kabupaten Nganjuk. Candi tersebut berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Nganjuk. Tepatnya ditepi jalan antara Desa Kuncir dan Ngetos. Menurut mitos masyarakat setempat, candi ngetos menjadi tempat pemakaman raja Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit.

Candi ngetos dijadikan sebagai salah satu objek wisata sejarah di Kabupaten Nganjuk. Memang, candi ini jarang dikunjungi pengunjung. Hal itu dikarenakan oleh letak dan kondisi candi tersebut. Mungkin masih banyak masyarakat diluar daerah Nganjuk yang belum tahu keberadaan candi Ngetos ini. Bangunan candi pun banyak yang rusak dan hilang, jadi sangat sulit untuk Anda yang ingin mengetahui bentuk relief bangunan candi tersebut. Tidak adanya perawatan dan perenovasian yang menjadi faktor kerusakan tersebut.

Walaupun bagian bangunan candi ada yang rusak atau hilang, masih ada bagian-bagian candi yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Candi Ngetos ini. Disana juga terdapat juru kunci yang bisa menjelaskan sedikit sejarah tentang berdirinya candi ngetos. Candi Ngetos sangat tepat untuk menambah wawasan sejarah tentang kerajaan Majapahit dimasa dahulu.

Rute untuk menuju candi tesebut sangat mudah dijangkau. Jalan menuju candi pun semua juga sudah beraspal. Perjalanan Anda menghabiskan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Nganjuk. Dari pusat Kota Anda harus ke selatan sampai bundaran Adipura Loceret setelah itu anda harus berbelok ke kanan menuju Desa Berbek. Ikuti jalan tersebut sampai melewati alun-alun Berbek. Setelah Anda sampai di perempatan lampu merah berbek anda belok kiri dan jalan pun mulai menanjak.


Udara yang segar dan sejuk khas kota nganjuk akan Anda rasakan ketika perjalanan. Setelah sampai dipertigaan kuncir yang akan mengarah ke Sedudo Anda harus belok ke kiri menuju candi ngetos. Anda mulai memasuki kawasan penduduk. Jika Anda masih kebingungan tanyalah warga setempat. Candi tersebut tidak jauh dari pemukiman penduduk tersebut.
Previous
Next Post »