Mengenal Mata Uang 5 Negara , Amerika, Belanda, Jepang, Inggris, Thailand

Mata Uang Amerika Serikat 


Simbol yang paling umum digunakan untuk dolar AS adalah lambang dolar ($). Kode ISO 4217 untuk dolar AS adalah USD; dolar AS juga dirujuk sebagai US$ oleh Dana Moneter Internasional. Dolar AS adalah mata uang resmi AS dan digunakan secara luas di dunia International sebagai kurs cadangan devisa diluar AS. Dolar AS diterbitkan dan dikontrol langsung oleh Bank Federal Reserve.

Sejarah diterbitkan nya uang kertas atau uang kartal di amerika karena pada tahun 1913 para bankers AS menyatakan telah terjadi kekurangan mata uang karena semua cadangan emas telah terpakai. Agar dapat tambahan sirkulasi uang sekolompok orang mulai mendirikan satu bank yang dinamakan “The Federal Reserve Bank Of New York” yang kemudian pemerintah AS mulai memerintah kepada seluruh bank di AS tutup selama 1 minggu dan menarik emas dari seluruh warga AS dan menggantikan nya dengan uang kartal yang dicetak Bank Federal Reserve. 

Dan berikut beberapa faktor yang menjadikan dolar AS sebagai mata uang international : 
• Faktor kekuatan ekonomi 
• Negara denga Adidaya Militer 
• Prestise yang kuat 
• Stabilitas dan Kredibilitas 

Mata Uang Belanda 


Mata Uang Belanda adalah golden belanda yang mulai dipakai sejak abad ke-17 dengan simbol f atau fl. Kata gulden berasal dari bahasa Belanda Kuno yang berarti 'emas'. Nama ini mulanya digunakan untuk menyebut uang yang berbentuk kepingan emas, namun kemudian menjadi nama umum untuk kepingan perak atau logam dasar lainnya. Nama lain untuk gulden adalah florin (f atau fl). Periode akhir 1800 hingga sebelum Indonesia merdeka, selain negara wilayah Eropa Bangsa kita di nusantara (Hindia Belanda) menggunakan mata uang gulden Belanda yakni sejak tahun 1610 hingga 1817.

Dalam ekonomi internasional, Belanda merupakan pendiri lembaga ekonomi penting dunia seperti Uni Eropa, WTO dan OECD. Sebagai pendiri Uni Eropa, Belanda menjadi salah satu negara pertama yang mengganti mata uangnya dari gulden menjadi euro. Ekspor utamanya bergerak di bidang mesin, kimia dan pengolahan makanan. Mitra ekspor terbesar adalah Jerman, RRC, Belgia, Amerika Serikat dan Britania Raya. Ekonomi Belanda adalah ekonomi terbuka yang sangat bergantung pada perdagangan internasional. Belanda berada di posisi keenam belas berdasarkan perolehan PDB. 

Ekonominya berkembang dengan sangat baik pada tahun 1998 – 2000, namun mengalami pertumbuhan pada tahun 2001 – 2005 karena perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia. Inflasi sebesar 1,3% dan direncanakan untuk tetap berada dibawah 1,5%. 

Mata Uang Jepang 


Pemerintah Jepang menetapkan mata uang Yen sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka jōrei (peraturan pemerintahan tentang mata uang baru). Sebagai lambang digunakan tanda ¥ dan menurut ISO 4217 dilambangkan sebagai JPY. 

Uang kertas jepang memiliki lebih sedikit denominasi / pecahan bila dibanding mata uang kita, rupiah. Yaitu 4 pecahan doang. Selain sedikit, pecahan tersebut juga dilengkapi blind code semua (sedangkan rupiah hanya beberapa saja). Yaitu kode yang bisa digunakan untuk orang tuna netra biar bisa mengenali nominalnya dengan cara diraba. Adapun tanda tersebut adalah berupa tanda garis untuk uang 1000 yen, tiga bulatan untuk 2000 yen, satu tanda bulat untuk 5000 yen dan garis siku untuk pecahan terbesar 10,000 yen. 

Ada beberapa penjelasan tentang asal usul penggunaan aksara kanji en (円?, lingkaran) untuk menulis lambang mata uang Jepang. Salah satunya adalah tradisi orang Jepang melambangkan uang dengan lingkaran yang dibentuk dari jari telunjuk dan ibu jari. 

Untuk uang logam atau koin tentu akan lebih mudah kagi dikenali karena masing-masing koin memiliki ukuran, berat, warna dan juga bentuk yang sangat berbeda. Koin terbesar dan paling terberat adalah pecahan 500 yen yang berwarna kuning berbahan nikel sedangakan koin paling kecil dan paling ringan berbahan alumunium adalah 1 yen nerwarna perak dan sisa lainnya adalah 100 yen. Bagaimana dengan pecahan 50 dan 5 yen? Dua pecahan ini memiliki lubang pada bagian tengahnya. Yang terasa lebih berat adalah 50 yen dan yang ringan adalah 5 yen. 

Mata Uang Inggris 


Mata uang Pound sterling adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata "pound" dan "sterling" sendiri merujuk pada logam perak seberat satu pound yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. 

Sterling merupakan nama logam yang digunakan untuk mencetak koin-koin di Inggris. Sebelumnya, koin-koin di Inggris terbuat dari 100% perak, sama seperti uang yang digunakan di Amerika Serikat (AS). Selain harganya yang mahal, koin perak tersebut juga mudah rusak dan tak awet. Akhirnya pemerintah Inggris mencampur bahan pembuatannya dengan logam sterling. Pasalnya koin yang terbuat dari sterling jauh lebih tahan lama dan biaya pembeliannya lebih irit.

Sementara sebutan pound sterling pertama kali dikenalkan Raja Inggris King Henry II dan digunakan seluruh masyarakatnya hingga kini. Pound sterling mata uang tertua di dunia Kenapa inggris tak mau menggunakan mata uang euro karena Perusahaan-perusahaan di Inggris tidak akan mendapat keuntungan sebesar jika negara tersebut menggunakan Poundsterling saja, sebab biaya transaksi dan nilai tukar yang harus ditanggung kompetitor-kompetitor mereka di Eropa dalam transaksi antar negara Zona Euro akan akan berkurang. 

Mata Uang Thailand 


Baht (บาท, simbol ฿, kode ISO 4217 THB) adalah mata uang resmi Thailand. Penerbitan mata uang ini merupakan tanggung jawab Bank of Thailand. Satu baht dibagi menjadi 100 satang. Penerbitan mata uang ini merupakan tanggung jawab Bank of Thailand. Sejak Perang Dunia II hingga 1980 Baht dipatok ke dolar AS dengan nilai tukar sebesar 1$ = 20 baht. Ia kemudian menurun nilainya, dan kemudian dipatok lagi nilainya pada 25:1 sejak 1985 hingga 2 Juli 1997, namun karena krisis ekonomi Asia nilai baht jatuh hingga setengahnya, dengan nilai terendah sebesar 56:1 pada Januari 1998. 

Baht kembali stabil pada nilai sekitar 40:1, yang tidak berubah sejak saat itu. Secara resmi baht memang nama mata uang negara yang dulunya sempat bernama Siam. Namun meskipun begitu ada saja daerah di negara lain yang ikut menggunakan mata uang ini untuk transaksi sehari-hari. Daerah-daerah ini biasanya terletak di perbatasan negara. Dan negara lain yang ikut memakai baht secara tidak resmi contohnya negara Laos, Kamboja, dan Burma. 

Keunikan mata uang negara Thailand baht pada salah satu sisinya bergambar Raja Bhumibol Adulyadej semua. Ini tentu menjadi ciri khas keunikan baht sendiri. di sana ada aturan barang siapa, entah warga Thailand maupun pendatang/turis, yang ketahuan menginjak, bahkan hanya mengepal-ngepal mata uang Thailand baht bisa berurusan dengan polisi.
Previous
Next Post »